Jumat, 30 Agustus 2013



PROPOSAL TUGAS AKHIR

A.       Judul Tugas Akhir
“OTOMATISASI SISTEM PENGISIAN AIR MULTILEVEL BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S52”.

B.       Latar Belakang
Salah satu dampak yang diharapkan dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dapat membantu, mempermudah, dan mempercepat proses pekerjaan manusia. Hal tersebut diharapkan pula dapat menyentuh segala aspek kehidupan tanpa terkecuali.

Hadirnya kendali otomatis terutama yang berbasis elektronika dirasakan sebagai suatu terobosan besar yang mampu menghasilkan sistem yang minimal, murah, namun dengan hasil yang sangat berguna dan memuaskan.
Di tengah teknologi  yang semakin berkembang, dibutuhkan alat yang semakin canggih dan otomatis. Jika kita mengamati sekarang ini, mesin pengisian air dalam kemasaan yang hadir di pasaran masih menggunakan sistem manual atau manusia sebagai pengendalinya dan hanya satu jenis kemasan saja dari kedua hal tersebut akan merepotkan sekali bagi kita dalam proses pengisiannya karena kita harus selalu memperhatikan ketinggian air dalam kemasan dan menghentikan airnya secara manual. Dasar itulah yang melandasi pembuatan Tugas akhir dengan judul  “Otomatisasi Sistem Pengisian Air Multilevel Berbasis Mikrokontroler AT89S52”. Orang yang hendak mengisi air dalam kemasan tidak perlu lagi menuggu dan mengamati ketinggian air untuk mematikan aliran airnya karena aliran air akan berhenti secara otomatis ketika air dalam kemasan penuh.


C.       Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka bisa dirumuskan masalahnya yaitu “Bagaimana membuat alat yang dapat mengisi air dalam kemasan dan mematikan air jika sudah terisii penuh secara otomatis”.

D.      Pembatasan Masalah
a.       Menggunakan AT89S52 sebagai pengendali utama.
b.      Menggunakan buzzer sebagai indikator selesainya pengisian air.
c.       Menggunakan sensor inframerah sebagai pendeteksi adanya kemasan.
d.      Menggunakan elektroda sebagai pemberhenti aliran air ke dalam kemasan.
e.       Menggunakan motor stepper sebagai penggerak naik turunnya elektroda dan selang air.

E.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini meliputi :
a)      Membangun suatu sistem (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk sebuah alat pengisian air dalam kemasan secara otomatis berbasis mikrokontroler AT89S52
b)      Mengetahui cara kerja alat pengisian air dalam kemasan secara otomatis berbasis mikrokontroler AT89S52

F.        Manfaat Penelitian
Manfaat yang akan diambil dari penelitian ini dibagi menjadi 4 yaitu :
1.         Bagi penulis
Memberikan bekal pengalaman untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki ke dalam karya nyata.
2.         Bagi Universitas Stikubank Semarang
Menambah khasanah pustaka Universitas dengan cara mendokumentasikan laporan peneliti ini, serta sebagai acuan Universitas dalam menilai sejauh mana kemampuan mahasiswa menyerap ilmu yang diberikan pihak Universitas.
3.         Bagi Perpustakaan
Menambah literatur perpustakaan dan bahan pertimbangan bagi mahasiswa lain dalam melakukan penelitian tugas akhir.
4.         Bagi Masyarakat
Menyediakan alat pengisian air secara otomatis dengan biaya yang relatif murah.

G.      Metodologi Penelitian
1.         Objek penelitian
Dalam penelitian ini penulis menganbil objek penelitian di Universitas Stikubank Semarang yang bertempat di jalan Tri Lomba juang no.1 Semarang.
2.         Jenis Data
a.         Data Primer
Yaitu data yang diambil secara langsung dari objek penelitian yaitu dari Universitas Stikubank Semarang.
b.        Data Sekunder
Yaitu data yang diperoleh dari referensi, buku, publikasi, atau data yang diperoleh dari luar objek penelitian dan berkaitan dengan masalah yang ada hubunganya dengan penelitian.
3.         Metode pengumpulan data
Untuk  membuat laporan ini penulis melakukan pengumpulan data yang dijadikan bahan tulisan, sedangkan metode yang digunakan adalah :
a.         Metode interview
Metode pengumpulan data melalui tatap muka secara langsung dengan pihak-pihak tertentu.

b.        Metode Observasi
Merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan terhadap objek secara langsung dan kemudian menarik kesimpulan dari seluruh kegiatan pada objek tersebut.
c.         Studi Kepustakaan
Metode pengumpulan data melalui pemahaman terhadap literatur, maupun buku sebagai bahan acuan dalam pemecahan masalah terutama dalam menentukan landasan teori.
4.         Metode pengembangan sistem
Dalam mengembangkan sistem, penulis menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (system Development Life Cycle) yaitu proses bertahap dalam mengembangkan sistem atau sub sistem pendukung keputusan berbasis komputer yang terdiri dari serangkaian tugas saling terkait mengikuti langkah pendekatan sistem (MC Leod,1996:234)
Meliputi tahap-tahap sebagai berikut :
a.         Perencanaan sistem.
Dalam tahap perencanaan yaitu dengan pengenalan terhadap masalah, melakukan diagnosis dan mendefinisikan masalah dari pemakai.
b.        Analisis sistem.
Dalam tahap analisis mengadakan studi kelayakan terhadap organisasi pemakai dan melihat system yang sedang berjalan secara lebih terperinci.
c.         Desain sistem.
Dalam tahap desain disusun system baru dan menuangkanya secara tertulis.
d.        Rencana Implementasi.
Dalam tahap rencana implementasi mengusulkan dan mempersiapkan segala rencana kegiatan penerapan system baru yang disusun dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
H.    Daftar Pustaka

Eko. P, Agfianto, 2004, Belajar mikrokontroler AT89S51/52/55 Teori dan Aplikasi, Gava Media, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar